5 Aplikasi Smartphone Android Go Yang Ringan, Hemat Memory Dan Kuota

0
193
Smartphone Android Go.
Smartphone Android Go.

Vanionlinemedia.com, Smartphone Android Go merupakan modifikasi dari Android yang biasanya sering kita gunakan, dengan Android Go ini dapat berjalan dengan optimal meskipun menggunakan spsesifikasi ponsel yang rendah. Teknlogi pada smartphone semakin berkembang, misalnya sistem operasi Android yang terus berkembang dan semakin canggih.

Smartphone Android Go.
Smartphone Android Go.

Selain itu banyak aplikasi yang juga ikut berkembang, sehingga memerlukan syarat atau spesifikasi ponsel tertentu untuk menjalankannya. Namun kamu jangan khawatir karena dengan platform Android Go. Aplikasi ini lebih ringan hingga mencapai 50% dari versi biasa, meskipun ada sebagian fiutr yang di pangkas.

Android Go merupakan Android yang telah dimodifikasi supaya bisa berjalan optimal di perangkat berspesifikasi rendah, khususnya yang memiliki kapasitas RAM kurang dari 1 GB. Berikut beberapa aplikasi versi ringan Android Go yang sudah bisa kita coba, untuk hemat memori internal dan juga hemat kuota internet.

Smartphone Android Go
Smartphone Android Go.

Google Maps Go

Google Maps Go adalah versi yang lebih ringan dari aplikasi Google Maps asli. Didesain untuk berjalan lancar pada smartphone dengan memori terbatas dan jaringan yang tidak stabil.

Namun tanpa mengurangi kecepatan untuk memberikan info tentang lokasi Anda, lalu lintas real-time, petunjuk arah, serta jadwal kereta, bus, dan transportasi umum kota. Salah satu kelemahannya ialah tidak disertai mode offline, yang pastinya hal ini sangat berguna.

YouTube Go

YouTube Go merupakan aplikasi versi ringan dari versi asli YouTube. Dirancang untuk negara-negara yang mempunyai akses internet terbatas dan mahal.

Fitur menarik dari YouTube Go ialah memungkinkan pengguna mengunduh video ke memori untuk ditonton lagi nanti. Dengan begitu, Anda tidak harus menghabiskan kuota hanya untuk menonton video yang sama. Video yang disimpan bahkan bisa juga dibagikan ke teman dekat menggunakan koneksi Bluetooth.

Files Go

Smartphone Android Go dapat menggunakan Files Go. Files Go adalah pengelola penyimpanan yang smart dari Google yang didesain untuk membantu mengelola berkas dan mengosongkan ruang penyimpanan di smartphone guna mempertahankan performa smartphone agar tetap nyaman digunakan.

Cukup dengan beberapa tap, Anda dapat mengosongkan ruang penyimpanan dengan lebih cepat dan mudah: Menghapus foto lama, meme dari aplikasi chatting, file duplikat, aplikasi yang tidak digunakan, cachespam, dan lainnya.

Google Go

Google Go adalah aplikasi penelusuran Google yang lebih ringan dan hemat kuota untuk pengguna smartphone entry-level dengan akses internet terbatas.

Aplikasi ini didasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India. Google Go dibuat agar bisa bekerja lebih cepat di smartphone dengan RAM rendah dan jaringan 2G.

Datally

Tanpa adanya koneksi internet, smartphone tidak lagi ‘smart’. Lewat Datally, Google ingin membantu Anda bisa mengontrol lebih luas terhadap penggunaan data jaringan seluler di smartphone.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menghemat konsumsi data, jadi tak ada lagi kasus kehabisan kuota di tengah-tengah bulan.

Lima aplikasi Android Go diatas sangat ringan untuk smartphone Android yang memiliki memori yang cukup rendah.  Namun rencananya selain lima aplikasi di atas, Google juga sedang mengembangkan Gmail GO, Gboard Go dan Google Asisstant Go. Selain itu ada beberapa kelebihan yang dimiliki smartphone Android Go.

  • Support Android yang memiliki RAM kecil.
  • Dapat menghitung pemakaian data secara default.
  • Kostumisasi Google Play Store.
  • Tweak Google Apps Untuk Smartphone Low-end.

Nah itulah lima aplikasi pada smartphone Android Go yang ringan meskipun dijalankan pada RAM yang kecil, jadi meskipun RAM pada smartphone kita kecil kinerja tetap optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here