Makanan Khas Ramadhan Yang Sering Kita Jumpai Dan Paling Banyak Di Cari

0
205
Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Vanionlinemedia.com, Bulan suci Ramadhan tentu saja sangat di nanti-natikan oleh semua umat muslim di dunia, selama sebulan penuh umat muslim akan melaksanakan puasa sehari penuh. Tentunya banyak hal menarik dan hanya ada selama setahun sekali yang akan kita temukan, seperti shalat tarawih, berbuka puasa, makan sahur, makanan khas Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

Bicara tentang bulan Ramadhan tidak bisa lepas dari makanan khas yang hanya ada pada bulan Ramadhan, karena momen berbuka selalu di jadikan kesempatan bagi para pemburu kuliner. Terdapat beberapa makanan khas yang hanya di sediakan pada saat bulan Ramadhan, tentunya baik penjual maupun pembeli sangat antusias namun ada juga yang membuatnya sendiri.

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Ramadhan yang dapat kamu temukan ketika bulan suci tersebut datang, apa saja makanan khas tersebut?

Kolak

Makanan khas Ramadhan yang pertama adalah kolak, kolak adalah makanan yang biasanya di santap untuk berbuka puasa. Kolak memiliki kuah yang terbuat dari santan dan gula aren atau gula merah, untuk isianya beragam namun yang paling terkenal adalah kolak pisang.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Selain kolak pisang ada beberapa isian dan varian yang terdapat pada kolak seperti ubi, candil, labu, kolang-kaling, singkong dan masih banyak lagi. Rasa gurih dari santan dan manisnya gula sangat cocok di santap ketika berbuka, makanan ini memang menjadi salah satu makanan khas Ramadhan yang tidak pernah kehilangan penggemarnya.

Kurma

Buah kurma yang telah diproses dan menjadi sebuah makanan manis yang wajib ketika bulan suci ramdhan tiba, kurma adalah salah satu makanan favorit nabi Muhammad SAW. Bahkan ketika berbuka puasa kita di sunatkan untuk berbuka dengan kurma terlebih dahulu, karena rasa dari kurma yang manis dan berbuka dengan yang manis sangat di sarankan.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Kerupuk Ojay

Kerupuk Ojay adalah salah satu makanan khas Ramadhan yang paling sering kita temukan di tanah sunda, kerupuk berwarna kuning yang di cocolkan kepada sebuah kuah cari yang  terbuat dari rempah dan campuran oncom. Istilah “ojay” yang di maksud adalah menceburkan kerupuk kepada kuah tersebut, karena “ojay” sendiri dalam Bahasa Indonesia berarti berenang dalam air.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Kolang-kaling

Kolang-kaling sering kita temukan banyak pada bulan suci Ramadhan, biasanya kolang kaling digunakan untuk campuran kolak atau di masak langsung. Kolang-kaling memiliki warna yang putih pucan, rasanya kenyal dan cukup lezat.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Es Blewah

Blewah adalah salah satu buah yang cukup rare, karena biasanya kita hanya menemukanya di bulan Ramadhan. Blewah sangat nikmat di buat menjadi minuman segar, yang membuat blewah spesial adalah aromanya yang khas.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Sirup Khas Ramadhan

Siapapun pasti sudah tahu jika di TV sudah tampil iklan beberapa merk sirup, berarti hal tersebut menandakan bulan Ramadhan telah dekat. Biasanya sirup yang paling terkenal adalah sirup Marjan, sirup yang populer pada saat ramdhan ini  sangat cocok dijadikan campuran es campur maupun di seduh secara langsung.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Es Campur Dan Cendol

Es campur dan cendol memang sangat banyak di cari ketika bulan Ramadhan sudah tiba, karena berbuka dengan es campur dan cendol sangat cocok dan menyegarkan. Bayangkan ketika kita seharian penuh berpuasa menahan haus dan lapar, kemudian berbuka dengan es campur dan cendol yang menyegarkan.

Makanan Khas Ramadhan.
Makanan Khas Ramadhan.

Nah itulah beberapa makanan khas Ramadhan yang akan sering kita temukan ketika bulan suci tersebut telah tiba, namun masih banyak makanan khas Ramadhan di daerah lainya di seluruh Indonesia yang cukup terkenal di daerah masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here