Meski Identik Dengan Rasa Pedas Kuliner Khas Sichuan Memang Menggugah Selera

0
195
Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Vanionlinemedia.com, Negeri tirai bambu cukup terkenal dengan kuliner pedasnya, terutama kuliner khas Sichuan yang cukup terkenal hingga penjuru dunia. Kuliner yang di dominasi oleh warna merah tersebut tentu saja memiliki rasa yang cukup pedas, namun rasa pedas tersebut dapat membuat ketagihan dan memiliki rasa yang nikmat.

Untuk kamu pecinta makanan pedas wajib mencoba kuliner khas Sichuan, karena tidak lengkap rasanya jika kamu tidak memakan kuliner pedas yang cukup terkenal ini. Untuk kamu yang ingin mencoba kuliner khas Sichuan, kita akan memberikan beberapa rekomendasi menu makanan khas Sichuan yang cukup terkenal di bawah ini.

Gong Bao Ji Ding

Menu ala Sichuan yang pertama adalah Gong Bao Ji Ding, menu ini sering kali disebut ayam kung pao atau kung pau chiken. Uniknya makanan ini memiliki nama yang terinspirasi dari nama gubernur Sichuan pada jaman dinasti Qing, pada abad ke-19 gubernur yang menjabat sangat menyukai masakan ini sehingga masakan ini terinspirasi dan mengambil nama dari gubernur pada saat itu.

Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Nama dari gubernur tersebut adalah Ding Baozen dan memiliki gelar resmi Gong Bao. Untuk masakanya sendiri terdiri dari bahan dasar ayam, ayam tersebut di potong dan di iris seperti dadu. Campuran bumbu yang di berikan adalah cabai dan daun bawang, sehingga masakan ini terasa sangat nikmat dan pedas.

Bebek Zhangcha

Menu kedua yang akan kita rekomendasikan adalah bebek zhangca, hidangan ini sangat wajib kamu coba karena rasa dan hidangan ini cukup langka. Biasanya menu makanan ini dihidangkan di acara-acara tertentu saja.

Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Cara memasaknya cukup unik karena bebeek di rendam beberapa jam, kemudian setelah di rendam ebek di masukan kedalam wadah yang berisi air mendidih kemudian di tiriskan. Setelah itu bebek akan di asapi dengan daun teh hitam. Belum selesai di situ saja, setelah semua proses tersebut bebek akan melalui tahap akhir yaitu di goreng.

Hui Guo Rou

Kuliner Sichuan sensasi pedas china yang selanjutnya adalah hui gou rou, masakan ini memiliki bahan dasar daging babi. Untuk yang beragama muslim tentu saja menu ini tidak boleh, namun untuk non muslim kamu dapat menikmati makanan ini.

Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Proses pembuatan dari menu ini pertama-tama iga babi di potong menjadi beberapa bagian, kemudian di rebus pada air mendidih dengan bumbu khusus. Setelah di rebus ida babi tersebut akan di goreng sebentar dengan minyak dan di masak dengan kubis dan paprika.

Mafo Tofu

Kuliner khas Sichuan yang cukup terkenal adalah mafo tofu, makanan yang memiliki bahan dasar tahu ini cukup popular dan memiliki cita rasa yang sangat nikmat. Tahu di masak dengan berbagai bahan dan bumbu khusus yang membuat masakan ini sangat di gemari banyak orang, biasanya maf tofu ini di sajikan dengan berbagai bahan seperti daging cincang babi atau sapi.

Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Untuk bumbu sendiri mafo tofu memiliki rasa yang cukup kuat dan pedas, kenikmatanya akan sangat maksimal ketika kamu menyantap hidangan ini dalam keadaan panas. Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang gemar dengan makanan dengan citarasa pedas, karena biasanya mafo tofu ini dapat mematikanlidah namun bikin yang memakanya ketagihan.

Hot Pot

Jika kamu sering memakan makanan dari jepang pasti sudah tidak asing dengan hot pot ini, karena cara penyajianya mirip sukiyaki yang berasal dari jepang. Biasanya kamu akan di beri sebuah panci yang di isi air kaldu dengan citarasa pedas, kemudian di isi dengan berbagai macam bahan makanan seperti daging yang di iris tipis, seafood dan sayuran.

Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Shuizu

Kuliner Sichuan sensasi pedas china yang terakhir adalah Shuizu, masakan ini berbahan dasar daging yang di iris dan di rebus. Setelah di rebus daging akan di siram dengan minyak sayur panas sebelum di hidangkan, di sajikan dengan beberapa bumbu yang akan memberikan kelezatan dan kepedasan yang nikmat.

Kuliner Khas Sihcuan.
Kuliner Khas Sihcuan.

Tektsur daging sangat lembut dan memiliki rasa bumbu yang meresap, karena daging ini di rebus menggunakan air dengan berbagai macam bumbu yang memiliki rasa yang kuat.

Nah itulah beberapa rekomendasi kuliner khas Sichuan yang wajib kamu coba, meskipun pedas ada rasa nikmat yang akan kamu dapatkan ketika memakan kuliner khas Sichuan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here