Teknlogi Kecerdasan Buatan Dan Robotika Yang Semakin Maju

0
54
Teknlogi Kecerdasan Buatan.
Teknlogi Kecerdasan Buatan.

Vanionlinemedia.com, Kita semua pastinya setuju jika beberapa tahun lagi akan tercipta beberapa robot dengan teknologi canggih, hal-hal yang sering kita temukan di film fiksi ilmiah sedikit demi sedikit terealisasikan. Salah satu elemen penting pada kemajuan tersebut adalah teknologi kecerdasan buatan, karena dengan kecerdasan buatan manusia dapat menciptakan sebuah penemuan baru yang semakin canggih.

Teknologi Kecerdasan Buatan.
Teknologi Kecerdasan Buatan.

Kecerdasan buatan tersebut biasanya berkaitan dengan robotika, sehingga banyak ilmuan yang berlomba menciptakan robot dan memasangkan teknologi kecerdasan buatan pada robot tersebut. Nantinya robot-robot dengan kecerdasan buatan tersebut akan menggantikan tugas manusia, karena robot-robot yang di lengkapi kecerdasan buatan awalnya diciptakan untuk membantu dan mempermudah pekerjaan manusia.

Robot yang di bekali kecerdasan layaknya manusia seperti berpikir, mengingat, mengenali pola, menganalisis bahkan mempunyai emosi. Ini menjadikan beberapa perusahaan raksasa untuk mewujudkan gagasan kecerdasan buatan tersebut sehingga di masa yang akan datang bisa di terapkan di kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh perusahaan raksasa yang sekarang sedang mencoba mewujudkan program kecerdasan buatan ini.

Google akhir-akhir ini merilis sebuah program pengembangan kecerdasan buatan yang mungkin bisa membuat kita tidak percaya, Deep Mind sebuah anak perusahaan Google baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mencoba membuat kecerdasan buatan yang dapat memprediksi masa depan. Kecerdasan buatan ini dapat menimbang beberapa keputusan lalu membuat rencana untuk masa depan tanpa campur tangan manusia untuk menghindari konsekuensi.

Microsoft pun tak mau ketinggalan ,mereka membuat kecerdasan buatan yang di aplikasikan kepada robot yaitu Emotion API project, kecerdasan buatan ini dapat mendeteksi wajah seseorang dari ekspresi wajah nya. Emosi yang dapat di deteksi oleh kecerdasan buatan ini antara lain : Anger (kemarahan), Fear (rasa takut), Sadness (kesedihan), Happiness (kegembiraan), Contempt (kebencian), dan Disgust (rasa jijik).

NASA sepertinya benar-benar mewujudkan fantasi kita di masa depan dengan menciptakan robot yang memiliki kecerdasan buatan untuk membantu manusia melakukan misi di ruang angkasa. Robot ini di rancang untuk dapat melakukan perjalanan sendiri melakukan ekpedisi ruang angkasa, menentukan orbit bahkan mengambil gambar sendiri bahkan mengirimkan satelit ke permukaan planet yang sangat jauh, ini menjadikan risiko kehilangan awak kapal di ruang angkasa pada saat melakukan ekspedisi menjadi kecil.

Jika berbicara tentang kecerdasan buatan, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas negara yang memiliki julukan negeri matahari terbit. Negara jepang memang memiliki teknologi yang sangat berkembang pesat di bandingkan negara lain, hal tersebut di buktikan dengan banyaknya penemuan dan teknologi jepang yang berkembang pesat.

Jepang sering kali menciptakan robot-robot yang di lengkapi dengan kecerdasan buatan, sehingga jepang sering kali menjadi pusat perhatian dunia di bidang teknologi.

Selain beberapa negara dan perusahaan di atas, tanpa kita sadari di kehidupan sehari-jadri kita bisa jadi terdapat sebuah alat yang memiliki kecerdasan buatan. Salah satu alat yang memiliki kecerdasan buatan yang sering di gunakan sehari-hari oleh sebagian orang adalah robot pembersih.

Teknlogi Kecerdasan Buatan.
Teknlogi Kecerdasan Buatan.

Robot pembersih atau sering juga di sebut Vacuum Cleaner Robot adalah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk membersihkan area atau suatu tempat yang kotor, alat elektronik tersebut mampu mendeteksi kotoran, rintangan, dan kondisi area sekitar. Di bekali kecerdasan buatan dan sensor khusus, sehingga alat pembersih tersebut dapat melakukan tugasnya sendiri.

Teknologi kecerdasan buatan juga sekarang sudah tersedia di beberapa smartphone, misalnya SIRI dari IOS dan Bixby dari Samsung yang berfungsi sebagai asisten digital pada smartphone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here